Kalau kita kumpulkan hadits-hadits tentang terpecahnya umat menjadi 73
golongan dan satu golongan yang masuk surga, lebih kurang ada lima belas hadits
yang diriwayatkan oleh lebih dari sepuluh ahli hadits dari 14 (empat belas)
shahabat Rasulullah SAW, yaitu ; Abu Hurairah, Mu'awiyah, Abdullah bin 'Amr bin
Al-'Ash, Auf bin Malik, Abu Umamah, Ibnu Mas'ud, Jabir bin Abdillah, Sa'ad bin
Abi Waqqash, Abu Darda', Watsilah bin Al-Asqa', Amr bin 'Auf Al-Muzani, Ali bin
Abi Thalib, Abu Musa Al-Asy'ariy, dan Anas bin Malik.
Sebagian dari hadit-hadits tersebut ialah :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ افْتَرَقَتِ الْيَهُودُ عَلَى إِحْدَى أَوْ
ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً وَتَفَرَّقَتِ النَّصَارَى عَلَى إِحْدَى أَوْ
ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ
فِرْقَةً *
Artinya :"Dari Abu Hurairah ia berkata : "Telah bersabda
Rasulullah SAW. Kaum Yahudi telah terpecah menjadi 71 (tujuh puluh satu)
golongan atau 72 (tujuh puluh dua) golongan dan Kaum Nashrani telah terpecah
menjadi 71 (tujuh puluh satu) golongan atau 72 (tujuh puluh dua) golongan dan
ummatku akan terpecah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan".
Hadits ini diriwayatkan oleh :
- Abu Dawud : Kitabus Sunnah, 1 bab Syarhus Sunnah 4 : 197-198 nomor hadits 4596. Dan hadits di atas adalah lafadz Abu Dawud.
- Tirmidzi : Kitabul Iman, 18 bab Maa ja'a fi 'Iftiraaqi Hadzihil Ummah, nomor 2778 dan ia berkata : Hadits ini HASAN SHAHIH. (lihat Tuhfatul-Ahwadzi VII : 397-398).
- Ibnu Majah : 36 Kitabul Fitan, 17 bab Iftiraaqil Umam, nomor 3991.
- Imam Ahmad dalam Musnadnya 2 : 332 tanpa menyebutkan kata Nashara.
- Hakim dalam kitabnya : Al-Mustadrak : Kitabul Iman 1 : 6 dan ia berkata : Hadits ini banyak sanadnya dan berbicara masalah pokok-pokok agama.
- Ibnu hibban dalam kitab Mawaariduzh-Zhan'aam: 31 Kitabul Fitan, 4 bab Iftiraaqil Umam, halaman 454 nomor 1834.
- Abu Ya'la Al-Mushiliy dalam kitabnya Al-Musnad : Musnad Abu Hurairah.
- Ibnu Abi 'Ashim dalam kitab "As-Sunnah", bab 19-bab Fima Akhbara Bihin Nabi Anna Ummatahu Sataf Tariqu juz I hal. 33 nomor 66.
- Ibnu Baththah Fil Ibanatil Kubra : bab Dzikri Iftiraaqil Umma Fiidiiniha, Wa'alakam Tartaraqul Ummah ?. juz I hal. 228 nomor 252.
- Al-Aajurriy dalam kitabnya "Asy-Syari'ah" bab Dzikri Iftiraaqil Umam halaman 15.
Semua ahli hadits tersebut di atas meriwayatkan dari jalan Muhammad bin
'Amr dari Abu Salamah dari Abu Hurarirah dari Nabi SAW.
RAWI HADITS
1. Muhammad bin 'Amr bin Alqamah bin Waqqash
Al-Alilitsiy.
2. Imam Abu Hatim berkata : Ia baik haditsnya, ditulis
haditsnya dan dia adalah seorang Syaikh (guru).
3. Imam Nasa'i berkata : Ia tidak apa-apa (yakni boleh
dipakai), dan pernah ia berkata bahwa Muhammad bin 'Amr adalah orang yang
tsiqah.
4. Imam Dzahabi berkata : Ia seorang Syaikh yang terkenal
dan haditsnya hasan.
5. Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata : Ia orang
yang benar, hanya ada beberapa kesalahan. (Lihat : Al-Jarhu wat Ta'dil 8 :
30-31, Mizanul I'tidal III : 367, Tahdzibut Tahdzib IX : 333-334, Taqribut
Tahdzib II : 196).
6. Abu Salamah itu Abdur-Rahman bin Auf. Beliau adalah
rawi Tsiqah, Abu Zur'ah berkata : Ia seorang rawi Tsiqah.
(Lihat : Tahdzibut Tahdzib XII : 127. Taqribut Tahdzib II : 430).
(Lihat : Tahdzibut Tahdzib XII : 127. Taqribut Tahdzib II : 430).
DERAJAT HADITS
Hadits ini
derajatnya : HASAN, karena ada Muhammad bin 'Amr, tetapi hadits ini menjadi
SHAHIH karena banyak SYAWAHIDNYA. Tirmidzi berkata : Hadits ini HASAN SHAHIH. Hakim
berkata : Hadits ini SHAHIH menurut syarat Muslim dan keduanya (yaitu :
Bukhari, Muslim) tidak mengeluarkannya, dan Imam Dzahabi menyetujuinya.
(Mustadrak Hakim : Kitabul 'Ilmi juz I hal. 128).
Ibnu Hibban dan
Asy-Syathibi dalam Al-'Itisham 2 : 189 menshahihkan hadits ini. Syaikh Muhammad
Nashiruddin Al-Albani menshahihkan hadits ini dalam kitab Silsilah Hadits
Shahih No. 203 dan Shahih Tirmidzi No. 2128.
عَنْ أَبِي عَامِرٍ الْهَوْزَنِيِّ عَنْ مُعَاوِيَةَ
بْنِ أَبِي سُفْيَانَ أَنَّهُ قَامَ فِينَا فَقَالَ أَلَا إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِينَا فَقَالَ أَلَا إِنَّ مَنْ
قَبْلَكُمْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ افْتَرَقُوا عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ
مِلَّةً وَإِنَّ هَذِهِ الْمِلَّةَ سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ
ثِنْتَانِ وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَهِيَ
الْجَمَاعَةُ زَادَ ابْنُ يَحْيَى وَعَمْرٌو فِي حَدِيثَيْهِمَا وَإِنَّهُ سَيَخْرُجُ
مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ تَجَارَى بِهِمْ تِلْكَ الْأَهْوَاءُ كَمَا يَتَجَارَى
الْكَلْبُ لِصَاحِبِهِ وَقَالَ عَمْرٌو الْكَلْبُ بِصَاحِبِهِ لَا يَبْقَى مِنْهُ
عِرْقٌ وَلَا مَفْصِلٌ إِلَّا دَخَلَهُ *
Artinya :"Dari Abu Amir Abdullah bin Luhai, dari Mu'awiyah bin Abi
Sufyan, bahwasanya ia (Mu'awiyah) pernah berdiri di hadapan kami, lalu ia
berkata : Ketahuilah, sesungguhnya Rasulullah SAW pernah berdiri di hadapan
kami, kemudian beliau bersabda : Ketahuilah sesungguhnya orang-orang sebelum
kami dari ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) terpecah menjadi 72 (tujuh puluh
dua) golongan, dan sesungguhnya umat ini akan terpecah menjadi 73 (tujuh puluh
tiga) golongan. Adapun yang tujuh puluh dua akan masuk neraka dan satu golongan
akan masuk surga, yaitu "Al-Jama'ah".
Hadits ini diriwayatkan oleh :
- Abu Dawud : Kitabus Sunnah, bab Syarhus Sunnah 4 : 198 nomor 4597. Dan hadits di atas adalah lafadz Abu Dawud.
- Darimi 2 : 241 bab Fii Iftiraaqi Hadzihil Ummah.
- Imam Ahmad dalam Musnadnya 4 : 102
- Hakim dalam kitab Al-Mustadrak 1: 128.
- Al-Aajurriy dalam kitab "Asy-Syari'ah" hal : 18
- Ibnu Abi'Ashim dalam kitab As-Sunnah 1 : 7 nomor 1 dan 2.
- Ibnu Baththah Fil Ibanati Kubra 1 : 221, 223 nomor 245 dan 247.
- Al-Laalikai dalam kitab 'Syarhu Ushuulil i'tiqad Ahlis Sunnah wal Jama'ah 1 : 101-102 nomor 150 tahqiq Dr Ahmad Sa'ad Hamdan.
- Ashbahaani dalam kitab "Al-Hujjah Fi Bayaanil Mahajjah" fasal Fidzikril Ahwa' al Madzmumah al Qismul Awwal hal 177 nomor 107.
Semua Ahli
Hadits tersebut di atas meriwayatkan dari jalan : Shafwah bin 'Amr, ia berkata
: Telah memberitakan kepadaku Azhar bin Abdullah Al-Hauzani dari Abu 'Amr
Abdullah bin Luhai dari Mu'awiyah.
RAWI HADITS
- Shafwah bin 'Amir bin Haram as-Saksakiy : Ia dikatakan Tsiqah oleh Al-'Ijliy, Abu Hatim, Nasa'i, Ibnu Sa'ad, ibnul Mubarak dan lain-lain.
- Dzahabi berkata : Mereka para ahli hadits mengatakan ia orang Tsiqah.
- Ibnu Hajar berkata : Ia orang Tsiqah. (Lihat : Tahdzibut Tahdzib IV : 376. Al-Jarhu wat Ta'dil IV : 422. Taribut Tahdzib I : 368, Al-Kasyif II : 27).
- Azhar bin Abdullah Al-Haraazi. Ia dikatakan Tsiqah oleh Al-I'jiliy dan
Ibnu Hibban. Imam Dzahabi berkata : Ia seorang tabi'in dan haditsnya hasan.
Ibnu Hajar berkata : Ia Shaduq (orang yang benar) dan ia dibicarakan
tentang nashb.
(Lihat : Mizanul I'tidal I:173. Taqribut Tahdzib I:52. Ats-Tsiqat oleh Al-'Ijily hal.59 dan ASt-Tsiqat oleh Ibnu hibban IV : 38). - Abu 'Amir Al-Hauzani ialah Abu Amir Abdullah bin Luhai.
- Abu Zur'ah dan Daraquthni berkata : ia tidak apa-apa yakni boleh dipakai.
- Al'Ijily dan Ibnu Hibban mengatakan dia orang Tsiqah.
- Dzahabi dan Ibnu Hajar berkata : Ia orang Tsiqah. (Lihat : Al-Jarhu wa Ta'dil V : 145. Tahdzibut Tahdzib V : 327. Taqribut-Tahdzib 1 : 444 dan Al-kasyif II : 109).
DERAJAT HADITS
Derajat hadits ini : HASAN, karena ada rawi Azhar bin
Abdullah, tetapi hadits ini menjadi SHAHIH dengan SYAWAHIDNYA. Hakim berkata :
Sanad-sanad hadits (yang banyak) ini harus dijadikan hujjah untuk menshahihkan
hadits ini. Dan Imam Dzahabi menyetujuinya. (lihat : Al-Mustadrak I : 128).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : Hadits ini
Shahih Masyhur (lihat : Silsilah Hadits Shahih I : 359 oleh Syaikh Al-Albani).
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدِ بْنِ
كَثِيرِ بْنِ دِينَارٍ الْحِمْصِيُّ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا
صَفْوَانُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ رَاشِدِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ افْتَرَقَتِ الْيَهُودُ
عَلَى إِحْدَى وَسَبْعِينَ فِرْقَةً فَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَبْعُونَ فِي
النَّارِ وَافْتَرَقَتِ النَّصَارَى عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً
فَإِحْدَى وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَالَّذِي نَفْسُ
مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَتَفْتَرِقَنَّ أُمَّتِي عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً
وَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَثِنْتَانِ وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ قِيلَ يَا رَسُولَ
اللَّهِ مَنْ هُمْ قَالَ الْجَمَاعَةُ *
Artinya :"Dari Auf bin Malik ia berkata : Telah bersabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam : Sesungguhnya umatku akan terpecah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan, satu golongan masuk surga, dan tujuh puluh dua golongan masuk neraka". Beliau ditanya : "Ya Rasulullah, Siapakah satu golongan itu ?". Beliau menjawab ; "Al-Jama'ah".
Hadits ini
diriwayatkan oleh :
- Ibnu Majjah : Kitabul Fitan, bab Iftiraaqil Umam II:1322 nomor 3992.
- Ibnu Abi 'Ashim 1:32 nomor 63
- Al-Laaikaaiy Syarah Ushul I'tiqaad Ahlis Sunnah Wal Jama'ah 1:101.
Semuanya
meriwayatkan dari jalan 'Amr bin 'Utsman, telah menceritakan kepada kami 'Abbad
bin Yusuf, telah menceritakan kepadaku Sahfwan bin 'Amr dari Rasyid bin Sa'ad
dari 'Auf bin Malik.
RAWI HADITS
- 'Amr bin 'Utsman bin Sa'id bin Katsir Dinar Al-Himshi. Nasa'i dan Ibnu Hibban mengatakan : Ia orang Tsiqah (lihat : Tahdzibut Tahdzib VIII:66-67).
- 'Abbad bin Yusuf Al-Kindi Al-Himshi. Ibnu 'Adiy berkata : Ia meriwayatkan dari Shafwan dan lainnya hadits-hadits yang ia menyendiri dalam meriwayatkannya. Ibnu Hajar berkata : Ia maqbul (yakni bisa diterima haditsnya bila ada mutabi'nya). (Lihat Mizanul I'tidal II:380. tahdzibut Tahdzib V:96-97. Taqribut Tahdzib I:395).
- Shafwan bin 'Amr : Tsiqah (Taqribut Tahdzib I:368).
- Rasyid bin Sa'ad : Tsiqah (Tahdzib III:225. Taqribut tahdzib I:240).
DERAJAT HADITS
Derajat hadits
ini : HASAN karena ada 'Abbad bin Yusuf, tetapi harus mejadi SHAHIH dengan
beberapa SYAWAHIDNYA. Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani mengatakan hadits
ini SHAHIH dalam Shahih Ibnu Majah II:36 nomor 3226 cetakan Maktabul Tarbiyah
Al'Arabiy Liduwalil Khalij cet: III tahun 1408H.
Hadits tentang
terpecahnya umat menjadi 73 golongan diriwayatkan juga oleh Anas bin Malik
dengan mempunyai 8 (delapan) jalan (sanad) di antaranya dari jalan Qatadah
diriwayatkan oleh Ibnu Majah No. 3993. Imam Bushiriy berkata : Isnadnya Shahih
dan rawi-rawinya tsiqah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih
Ibnu Majah No. 3227. (Lihat : 7 sanad yang lain dalam Silsilah Hadits Shahih
1:360-361.
حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا أَبُو
دَاوُدَ الْحَفَرِيُّ عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ
زِيَادٍ الْأَفْرِيقِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لَيَأْتِيَنَّ عَلَى أُمَّتِي مَا أَتَى عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ حَذْوَ
النَّعْلِ بِالنَّعْلِ حَتَّى إِنْ كَانَ مِنْهُمْ مَنْ أَتَى أُمَّهُ عَلَانِيَةً
لَكَانَ فِي أُمَّتِي مَنْ يَصْنَعُ ذَلِكَ وَإِنَّ بَنِي إِسْرَائِيلَ
تَفَرَّقَتْ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى
ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِي النَّارِ إِلَّا مِلَّةً وَاحِدَةً
قَالُوا وَمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي
قَالَ أَبمو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مُفَسَّرٌ لَا نَعْرِفُهُ مِثْلَ
هَذَا إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ *
Imam Tirmidzi meriwayatkan dalam kitabul Iman, bab
Maaja' Fiftiraaqi Hadzihi Ummah (edited here) dari shahabat Abdullah bin
'Amr bin Al-Ash dan Imam Al-Lalikaiy juga meriwayatkan dalam kitabnya Syarah
Ushulil I'tiqad Ahlis Sunnah wal Jama'ah I:99 No. 147 dari shahabat dan dari
jalan yang sama, dengan ada tambahan pertanyaan, yaitu : Siapakah golongan yang
selamat itu ?. Beliau SAW menjawab : "MAA ANAA 'ALAIYHI
WA-ASH-HAABII" "Ialah golongan yang mengikuti jejak-Ku dan jejak para
shahabat-Ku".
RAWI HADITS
Dalam sanad hadits ini ada rawi yang lemah yaitu :
Abdur Rahman bin Ziyad bin An'um Al-ifriqy. Ia dilemahkan oleh Yahya bin Ma'in,
Imam Ahmad, Nasa'i dan selain mereka. Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata : Ia lemah
hapalannya.(Tahdzib VI:157-160. Taqribut Tahdzib I:480).
DERAJAT HADITS
Imam Tirmidzi
mengatakan hadist ini HASAN, karena banyak syawahidnya. Bukan beliau menguatkan
rawi ini, karena dalam bab Adzan beliau melemahkan rawi ini. (Lihat : Silsilah
Al-Hadits Shahihah No. 1348 dan Shahih Tirmidzi No. 2129).
KESIMPULAN
Kedudukan
hadits-hadits di atas setelah diadakan penelitian oleh para Ahli Hadits, maka
mereka berkesimpulan bahwa hadits-hadits tentang terpecahnya umat ini menjadi
73 (tujuh puluh tiga) golongan, 72 (tujuh puluh dua) golongan masuk neraka dan
satu golongan masuk surga adalah HADITS SHAHIH yang memang datangnya dari
Rasulullah SAW, dan tidak boleh seorangpun meragukan tentang keshahihan
hadits-hadits tersebut, kecuali kalau dia dapat membuktikan secara ilmu hadits
tentang kelemahan hadits-hadits tersebut.
(dikutip dari : "Hanya Satu Jalan Menuju Allah"
oleh Syaikh Abdul Malik Bin Ahmad Ramdhani yang dimuat pada Majalah As-Sunnah
08/VII/1421H hal 28 - 34.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar